KEBUDAYAAN DI DAERAH BUTON UTARA



Kabupaten Buton Utara adalah sebuah kabupaten di provinsi Sulawesi Tenggara, Indonesia. Ibukotanya adalah Buranga. Kabupaten ini dibentuk berdasarkan Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2007 pada tanggal 2 Januari 2007. Buton Utara merupakan kawasan yang kaya sumberdaya alam. Buton Utara memiliki banyak potensi bahan tambang (aspal, minyak bumi, emas dan konon uranium), hasil hutan (jati, damar dan rotan), hasil laut serta kawasan perkebunan yang subur.
Kebudayaan di Buton utara sangatlah kental, terutama dengan adat istiadatnya.

Berikut kebudayaan buton utara dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya :
  1. Kebudayaan yang dilakukan sebelum puasa di bulan ramadhan yaitu pelaksanaan alionda, alionda ini biasa di laksanakan 3-5 hari di tempat-tempat bersejarah seperti di perkampungan benteng kulisusu. Nilai yang terkandung di dalam kebudayaan ini yaitu mengukuhkan silatuh rahmi antara sesame manusia di daerah buton utara agar terjalin dengan baik
  2. kebudayaan yang di lakukan pada saat menikah yang biasa di sebut dengan MOATO (membawa sang pengantin pria ke rumah pengantin wanita).
  3. kebudayaan yang di lakukan di hari-hari tertentu yaitu dengan LEBE-LEBE. Ini di lakukan biasanya pada hari- hari besar adat atau syukuran.  Lebe-lebe ini identik dengan Zakat atau Syukuran saja. Nilai yang terkandung dalam kebudayaan ini, yaitu agar kita senantiasa mengingat tuhan, sebap rezeki yang telah tuhan berikan sangatlah banyak dan melimpah.


Ini lah kebudayaan Buton utara yang masih kental sampai sekarang.

Aku membuat KEBUDAYAAN DI DAERAH BUTON UTARA terinspirasi dari syerli musdalifah hehehee

Kalau ada kesalahan mohon di koreksi,,, koment mu sangat berarti buatq

Related posts

Description: KEBUDAYAAN DI DAERAH BUTON UTARA Rating: 4.5 Reviewer: Unknown ItemReviewed: KEBUDAYAAN DI DAERAH BUTON UTARA
Al
Mbah Qopet Updated at: 17.34

0 komentar: