DOC : 25 KEGUNAAN DROPBOX

Salah satu aplikasi favorit pengguna Mac pasti Dropbox. Tidak salah, karena aplikasi ini telah merubah sekaligus mempermudah sinkronisasi files di Mac. Untuk lebih mengenal Dropbox, berikut kami berikan 62 hal yang bisa Anda lakukan dengan menggunakan layanan yang diberikan Dropbox. - Layanan Dasar
  1. Buka Dropbox dan buatlah sebuah akun. Lalu donwload dan install aplikasi Dropbox. Letakkan files dan folder yang ingin Anda akses ke dalam Dropbox folder. Ulangi langkah yang sama di pernagkat lain termasuk Mac, Windows PC dan iOS devices.
  2. Buatlah folder di Dropbox lalu buat symbolic links ke folder yang ada di Mac. Setelah selesai, kapanpun Anda menyimpan sebuah file ke folder yang ada di Mac (misal di ~/ Documents/Work ) maka file tersebut secara otomatis akan tersimpan di Dropbox (/Dropbox /Work). Ada dua cara untuk bisa membuat symbolic links . Secara manual, buka Terminal (in /Applications /Utilities) lalu masukkan ln -s ~/ Dropbox/newfolder ~ /path/to /symbolic/ link (sesuaikan dengan lokasi folder). Sebagai contoh, jika Anda ingin masuk ke folder Document di Dropbox, Anda bisa melakukannya dengan memasukkan perintah melalui Terminal: ln - s ~ /Dropbox/Documents ~ /Documents . Jika tidak yakin dengan fungsi tersebut , Anda bisa dengan cepat menggunakan bantuan seperti MacDropAny , SymbolicLinker atau DropLink . - Apa yang perlu disimpan di Dropbox?
  3. Anda bisa meletakkan folder- folder yang penting saja . Tidak harus semua tapi folder Documents wajib Anda buat di Dropbox, demikian juga dengan Music dan Photos jika Anda memiliki cukup storage. Anda bisa upgrade dari 2 GB ke 50B ($ 10 /bulan) atau 100GB ($ 20/ bulan). Buatlah symbolic links di semua device yang Anda pakai sehingga kemanapun Anda pergi Anda akan seperti memiliki Mac bersama Anda .
  4. Jika hard drive Anda berkapasitas kecil , Anda bisa mengurangi file di dalamnya dengan cara memindahkannya ke Dropbox.
  5. Kebanyakan dari Anda pastinya menyimpan files dan folder yang sering dipakai pada desktop. Sebagai gantinya , kini Anda bisa menyimpannya di Dropbox.
  6. Scan dokumen penting seperti paspor, SIM, surat nikahm dll lalu simpan di Dropbox. Dengan begitu Anda bisa mengaksesnya kapan saja dan di mana saja .
  7. Buat arsip untuk file- file asli dari aplikasi yang Anda pakai sehingga jika dibutuhkan, Anda bisa menginstall ulang tanpa kehilagnan file yang dibutuhkan.
  8. Download PDF dari user manual semua produk yang Anda pakai lalu simpan di Dropbox.
  9. Jika koleksi lagu Anda tidak banyak atau Dropbox storage cukup besar, simpan saja koleksi iTunes di Dropbox. Buatlah sebuah folder iTunes Media di Dropbox dan copy semua file lagu ke dalamnya. Di iTunes, buka Preferences, pilih Advanced tab, pilih Dropbox folder sebagai iTunes Media Folder Location. Perlu dicatat sebaiknya Anda tidak sinkronisasi file iTunes Music Library. xml karena akan menyebabkan iTunes tidak stabil.
  10. Sinkronisasi Address Book contacts dengan cara memindah folder ~/ Library/ Application Support/ Address Book ke DropBox lalu buatlah sebuah symbolic link dari lokasi lama ke lokasi yang baru.
  11. Jika Anda menggunakan inventory app seperti Home Inventory atau My Stuff untuk memantau semua barang milik Anda, maka Anda juga perlu menyimpan datanya di Dropbox. Jika terjadi masalah maka Anda akan tetap bisa memiliki daftar lengkap dari item tersebut sehingga memudahkan klaim asuransi.
  12. Sejumlah third-party utilitis seperti 1Password dan TextExpander memungkinkan Anda untuk menyimpan data dari file- file tersebut ke Dropbox. Meski tidak tertulis support untuk Dropbox Anda tetap bisa sinkronisasi sebua file data aplikasi dengan cara mencari terlebih dahulu letak file tersebut tersimpan lalu menggunakan symbolic link, pindahkan ke Dropbox.
  13. Tambahkan layer untuk proteksi Dropbox dengan cara membuat sebuah encrypted container dalam folder Dropbox. Third- party utility seperti TruCrypt akan membantu Anda untuk bisa melakukan itu. Atau Anda bisa menggunakan Disk Utility bawaab OS X. Jangan memakai FileVault di OS X dengan Dropbox karena tidak akan berhasil.
  14. Web developers bisa memanfaatkan Dropbox untuk menyimpan ‘local copies’ dari file yang Anda pakai pada server. Saat Anda merubah file tersebut dari lokasi yang berbeda, maka semua file itu akan tersinkronisasi sehingga Anda akan selalu memiliki copy terbaru.
  15. Pindahkan folder Web Receipts ke Dropbox lalu edit Save To Web Receipts Folder workflow sehingga mengarah pada lokasi yang baru.
  16. Simpan filen iWeb domain dalam Dropbox. Secara default ada di (~/Library /Application Support/iWeb / Domain).
  17. Simpan semua text notes di Dropbox. Plain text adalah format yang bisa dibuka di platform apa saja sehingga penting untuk disimpan di Dropbox sehingga memudahkan editing di perangkat lain.
  18. Sinkronisasikan bookmark pada browser.
  19. Jika tidak ingin sinc bookmark Anda bisa sinkronisasikan .webloc files yang ter -link ke situs tertentu .
  20. Sinkronisasi instant- messaging transcripts. Jika Anda menggunakan iChat , pindahkan folder iChat dari Documnets ke Dropbox.
  21. Simpan daftar belanjaan Anda pda text file dan simpan di Dropbox. Selanjutya Anda bisa mengaksesnya via smartphone atau iPad.
  22. Sebelum pulang dari perjalanan bisni, simpan dokumen pekerjaan Anda di Dropbox agar bisa diakses di tempat lain dan piranti lain.
  23. Jika Anda menggunakan Mac dan Windows PC, baik di tempat yang sama maupun loklasi berbeda, Anda bisa mengakses file yang telah tersimpan di Dropbox.
  24. Buatlah akun Drop - DAV lalu sinkronisasikan file dari iWork suite yang ada di iPad dengan Dropbox.
  25. Sinkronisasikan files dengan ponsel Android menggunakan Dropbox. Anda bisa melihat 62 kemampuan Dropbox secara lengkap di situs Macworld .

Related posts

Description: DOC : 25 KEGUNAAN DROPBOX Rating: 4.5 Reviewer: Unknown ItemReviewed: DOC : 25 KEGUNAAN DROPBOX
Al
Mbah Qopet Updated at: 06.10