RANGKAIAN SEKUENSIAL

Rangkaian Sekuensial merupakan rangkaian logika yang keadaan outputnya tergantung pada keadaan input – inputnya juga tergantung pada keadaan output sebelumnya. Rangkaian sekuensial juga didefinisikan sebagai rangkaian logika yang outputnya tergantung waktu. Outputnya tidak bergantung pada nilai input saat itu, tetapi juga input-input sebelumnya. Karena itu dikatakan mempunyai karakteristik memori.


Berdasarkan waktu sinyal, dapat dibedakan menjadi :

Rangkaian sekuensial sinkron
Operasinya disinkronkan dengan pulsa waktu yang dihasilkan oleh pembangkit pulsa yang merupakan masukan bagi rangkaian. Sehingga keluaran akan berubah hanya setiap adanya masukan pulsa waktu, meskipun inputnya tidak berubah.
Rangkaian sekuensial asinkron :
Operasinya hanya bergantung pada input, dan dapat dipengaruhi set waktu

Piranti sekuensial :
Flip-flop, register dan counter.

pengertian flip flop
Flip-flop adalah rangkaian digital yang digunakan untuk menyimpan satu bit data secara semi permanen sampai ada suatu perintah untuk menghapus atau mengganti isi dari bit yang tersimpan tersebut.

Ciri ciri :
- outpunya tergantung bukan hanya pada input yang ada sekarang,namun juga pada input yang telah lalu. Sehingga di butuhkan “pengingat ”
- mempunyai fungsi pengingat (memory). Artinya rangkaian ini mampu melakukan proses penyimpanan data sesuai dengan kombinasi masukan yang diberikan kepadanya.
- memiliki 2 output, yaitu satu untuk output dari data yang disimpan dan yang satunya lagi dari merupakan komplement lainnya.

REGISTER
Dibangun dari kumpulan flip-flop, banyaknya flip-flop menentukan panjang register dan juga panjang kata biner yang dapat disimpan di dalam register.
Fungsi : sebagai memori sementara untuk penggeseran data ke kiri atau ke kanan.
Register seri
Contoh : Register seri geser ke kanan 4 bit

COUNTER (PENCACAH)
Merupakan rangkaian logika pengurut yang membutuhkan karakteristik memori dan sangat ditentukan oleh pewaktu. Disusun dari sejumlah flip-flop.

Karakteristik utamanya :
1. Jumlah hitungan maksimum (modulus pencacah)
2. Menghitung ke atas (up counter) atau ke bawah (down counter).
3. Operasi sinkron (serempak, pencacah paralel) atau asinkron (seri, pencacah gelombang).

Related posts

Description: RANGKAIAN SEKUENSIAL Rating: 4.5 Reviewer: Unknown ItemReviewed: RANGKAIAN SEKUENSIAL
Al
Mbah Qopet Updated at: 04.05

0 komentar: