ILMU CAVE : INTRODUKSI SPELEOLOGI


PENGERTIAN SPELEOLOGI

Speleolodgi ialah ilmu yang mempelajari gua-gua. Kata Speleolodgi di ambil dari bahasa yunani, spelion = gua, dan logos = ilmu. Namun karena gua adalah bentukan alam yang tidak berdiri sendiri dan dipengruhi oleh faktor sruktur alam yang melingkupinya, maka Speleolodgi merupakan ilmu yang mempelajari gua dan lingkungannya.

"gua merupakan setiap ruangan bawah tanah yang dapat dimasuka manusia"

gua memiliki sifat yang khas didalam mengatur suhu dalamnya, yaitu saat suhu udara diluar gua panas maka didalam gua akan dingin, sebaliknya saat suhu diluar gua dingin maka didalam gua akan panas.

Di Indonesia Speleolodgi merupakan ilmu yang tergolong baru, yang diperkenalkan tahun 1979, sedangkan diparis dan jerman ilmu ini dipelajari sejak abad 19 dan berkembang sangat pesat

SEJARAH PENELUSURAN GUA

Menurut sejarah, tidak ada catatan resmi kapan manusia mulai menelusuri gua. Berdasarkan peninggalan-peninggalan berupa sisa-siasa makanan , tulang belulang dan juga lukisan lukisan  dapat disimpulkan bahwa manusia sudah mengenal gua sejak puluhan abad silam yang terbesar dibenua eropa dan amerika.

SEJARAH WISATA GUA

Wisata gua pertama kali tercatat tahun 1818, ketika kaisar Habsrug Francis dari Autria meninjau gua Adelsberg (sekarang gua postojna) yang terletak di Yugoslavia.

Sedangkan wisata gua di Indonesia masih terpengaruh faktor mistik dan magis.

LAHIRNYA ILMU SPELEOLOGI

Secara resmi speleologi lahir pada abad XIX berkat ketekunan Alfred Martel. Sewaktu kecil ia sudah mengunjungi gua Hahn di Belgia bersama ayahnya seorang ahli Palaentologi. Kemudian, mengunjungi Gua Pireenenre di Swiss dan Italia pada tahun 1888 dan memperkenalkan penelusuran gua dengan alat.

Hingga kini beliau disebut sebagai bapak Speleologi

Related posts

Description: ILMU CAVE : INTRODUKSI SPELEOLOGI Rating: 4.5 Reviewer: Unknown ItemReviewed: ILMU CAVE : INTRODUKSI SPELEOLOGI
Al
Mbah Qopet Updated at: 17.59

0 komentar: